SANGGUPKAH MANUSIA MELIHAT KESANGGUPAN TUHAN?

by samuelyasa


11:20 Lalu Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya: 21 “Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung. 22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu. 23 Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini. 24 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.”                 (Matius)

Bila kita mem-parafrase bacaan di atas, maka yang kita temukan adalah ketidak sanggupan manusia untuk melihat kesanggupan Tuhan sehingga Tuhan mengatakan celakalah Khorazim dan Betsaida dan menurunkan Kapernaum ke dunia orang mati. Pembanding yang diangkat, bila Tirus, Sidon dan Sodom menyaksikan mujizat-2 yg Tuhan lakukan maka mereka tidak akan ditunggak balikan.  Tanggungan Tirus, Sidon dan Sodom akan lebih ringan ketimbang Khorazim, Betsaida dan Kapernaum.

Ada satu fakta – ketidak sanggupan melihat kuasa (kesanggupan) Tuhan – yang dihadapi oleh manusia. Mungkin hal ini bisa dimengerti bila manusia merasa sanggup mengahadapi dan mengatasi semua pergumulannya. Dalam ketakaburannya manusia berkecenderungan seperti itu. Namun tatkala manusia tidak berdaya dan tidak sanggup, alangkah celaka dan malangnya bila ia tetap tidak sanggup melihat kesanggupan-Nya. Siapa lagi akan menolongnya?

            Setidaknya kita disadarkan, bila ada seseorang yang tidak mempercayakan diri dan permasalahannya kepada Yesus, bukan semata-mata Tuhan membiarkan ia menggumulinya sendiri, melainkan karena ia tidak sanggup menyaksikan kesanggupan Tuhan sekalipun Allah telah melakukannya di hadapan matanya.                                                       jp