HANYA DIA YANG SANGGUP

by samuelyasa


7:24 Aku, manusia celaka! Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini? 25 Syukur kepada Allah! oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.                                                                                              (Roma)

 

Tidak jarang kita mendengarkabar atau kesaksian yang membawa suasana sukacita dan penuh ucapan syukur tatkala kala seseorang yang menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya. Apalagi ketika mengetahui latar belakangnya sebagai orang yang selama ini membenci kekristenan dan orang-2 percaya, bahkan mungkin telah menghujat Yesus, namun oleh rahmat Allah dan kasih Kristus ia ditangkap dan diselamatkan.

 

Dan biasanya hal itu tidak terjadi begitu saja, selalu ada situasi dan kondisi yang Tuhan ijinkan dialaminya yang membuatnya tidak berdaya dan tidak memiliki alternatif, selain Yesus sebagai pusat keputusannya.  Tentu saja dalam anugerah-Nya ia membuka hati terhadap Yesus. Dan setelah itu ia mengalami hal-2 yang luar biasa berupa damai sejahtera, sukacita dan kekuatan untuk menghadapi hidup dengan berbagai permasalahannya, dan menyelesaikannya.

 

Secara jujur harus berani kita katakan, sesungguhnya masalah-2 tersebut adalah problem-2 yang umum. Entah itu sakit penyakit, kehilangan orang yg dikasihi, penderitaan atau apapun juga, yg Tuhan pakai untuk mencelikkan mata rohaninya untuk memandang Yesus. Karena begitu banyak orang yg menghadapi problem tidak selalu berujung perjumpaan dengan Yesus, dan mereka masih menemukan “jalan keluarnya.“

 

Namun, bila kita menyimak teriakan ketidak berdayaan Paulus tentang keberdosaan dan cengkraman tubuh maut ini maka barulah kita sadar bahwa sesungguhnya tidak ada seorangpun yang sanggup melepaskannya. Dunia tidak memiliki solusi yg sejati untuk menyelesaikannya; tidak ada sebuah sistem atau komunita yang dapat menolong.  Hanya DIA (Yesus) yang sanggup. Tidak ada alternatif lain.

DOA. Hanya oleh anugrah-Mu kami dilepaskan dari pergumulan terberat dan terbesar yg dunia tidak sanggup berikan. Amin.                jp

Iklan