YESUS TETAP SANGGUP

by samuelyasa


S

8:23 Lalu Yesus naik ke dalam perahu dan murid-murid-Nyapun mengikuti-Nya. 24  Sekonyong-konyong mengamuklah angin ribut di danau itu, sehingga perahu itu ditimbus gelombang, tetapi Yesus tidur. 25  Maka datanglah murid-murid-Nya membangunkan Dia, katanya: “Tuhan, tolonglah, kita binasa.” 26  Ia berkata kepada mereka: “Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?” Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali. 27  Dan heranlah orang-orang itu, katanya: “Orang apakah Dia ini, sehingga angin dan danaupun taat kepada-Nya?”                                                                                          (Matius)

 

Kisah tentang Yesus seringkali kita terima sebagai sebuah kebenaran, dan memang itu adalah kebenaran.  Kita anggap juga sebagai kisah-2 yang inspiratif yang memberikan semangat untuk kita melakukan sesuatu yang penting dalam hidup ini. Tetapi tidak jarang kita melakukan split (pemisahan) antara kisah-2 yang kita akui dalam alkitab sebagai sebuah kebenaran dengan realita hidup sehari-hari di masa-2 sekarang, seolah-olah kita mau berkata bahwa kisah Alkitab tidak ada implikasinya bagi kita sekarang. Itu sebuah kisah yang benar dan IA berkuasa dalam cerita Alkitab, tetapi belum tentu bisa terjadi dalam hidup masa sekarang.

 

Alkitab banyak menceritakan orang-2 yang mengalami pertolongan Yesus dan mengalami kuasa Allah. Yesus yang diberitakan di Alkitab adalah Yesus yang sama kita imani pada hari ini, yang kuasanya masioh dan akan tetap sama dari dulu, sekarang dan selama-lamanya. Bila di alkitab ada banyak orang dapat mengandalkan Yesus, maka pada hari inipun kita dapat mengandalkannya. IA terus memperhatikan kita, dan siap sedia turun dan campur tangan bila anak-2Nya membutuhkan dengan segala keberserahan.

 

            Perenungan. Mengapa kita jarang mengalami Yesus sebagai mana Alkitab kisahkan? Mungkin karena kita hanya mempercayainya sbg cerita Alkitab. Biarkan IA bekerja di dalam dan melalui hidupmu.                   jp