ROH KUDUS: MEMBERITAHUKAN HAL-HAL YANG AKAN DATANG

by samuelyasa


Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. (Yoh. 16:13)

Dunia tidak memiliki kebenaran sejati, kebenaran yang dimiliki adalah kebenaran relative, berdasarkan kebenarannya sendiri. Oleh sebab itulah dunia tidak dapat datang kepada Yesus, sebab dunia tidak mengenal Yesus yang adalah kebenaran. Orang berdosa lahir, tidak tahu jalan pulang, karena tidak memiliki Kristus. Dunia punya praktek kebenaran, tetapi mempraktekkan kebenaran secara salah, sebab tidak berdasarkan kebenaran Kristus. Untuk itulah Roh Kudus berperan untuk menuntun manusia kepada kebenaran Allah, dan memberitakan kepada manusia hal-hal yang akan datang. Dengan demikian manusia dapat memahami maksud dan rencana-rencana Allah dalam kehidupannya.

Itulah berkat besar yang dijanjikan Yesus melalui karya Roh Kudus. Roh Kebenaran adalah Roh Wahyu. Dia mendahului orang percaya, berjalan di depan, mengatur, menuntun berdasarkan pengetahuan dan rencana ke depan dan hal-hal yang akan terjadi. Roh Kudus memberitahukan rencana yang dimiliki oleh Yesus untuk orang-orang percaya, dan memimpin orang percaya hingga Yesus datang kembali. Roh Kudus mempersiapkan kita menyambut kedatangan mempelai laki-laki. Jadi, Roh Kudus secara aktif memimpin kita hingga akhir, sampai rencana Allah dipenuhi dalam kehidupan orang percaya. Ia yang memulai pekerjaan yang baik diantara kamu akan meneruskannya sampai akhirnya (Filipi 1:7).

Apakah saat ini anda sedang bergumul tentang masa depan anda? Bergumul tentang kelanjutan studi, tentang kelanjutan usaha atau tentang masa depan anak-anak anda? Mungkin bergumul karena belum mendapat pekerjaan atau tentang pasangan hidup? Maka ketahuilah bahwa Allah tidak pernah meninggalkan anda, Ia senantiasa memimpin anda melalui Roh Kudus-Nya, dan akan menyatakan rencana-Nya atas hidup anda. Untuk itu, mari belajar untuk meminta dan mengandalkan pimpinan-Nya dengan mempercayai bahwa pimpinan Tuhan adalah yang terbaik sekalipun tidak selaras dengan harapan anda.

Doa: kami tidak tahu apa maksud & rencana Tuhan bagi kehidupan kami, tetapi ajarlah kami untuk selalu mempercayai bahwa pimpinan-Mu tak pernah salah. SP