SEORANG PENOLONG YANG LAIN

by samuelyasa


Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu (Yoh. 14:16-17)

Yesus menyebut ‘Roh Kudus’ sebagai ‘Penolong’. Kata ini adalah terjemahan dari kata parakletos, yang secara harafiah berarti: “seseorang yang dipanggil untuk mendampingi agar menolong.” Kata tersebut sebenarnya memiliki pengertian yang begitu kaya: Penasihat, Penguat, Penghibur, Penolong, Pembela, Juruselamat, Sekutu, dan Sahabat.

Istilah parakletos juga dipakai dalam 1 Yoh 2:1 yang menunjuk kepada Kristus, artinya Roh Kudus sebagai parakletos akan melaksanakan apa yang dikerjakan Yesus selama berada di dunia. Roh Kudus akan mendampingi orang-orang percaya untuk menolong dan menguatkan mereka, mengajar mereka dalam hidup yang benar, menghibur dalam situasi yang sulit, dan menaikan doa syafaat bagi mereka (Rom. 8:26). Sebagaimana Kristus menjadi sahabat orang-orang berdosa, demikian juga Roh Kudus sebagai parakletos juga menjadi seorang sahabat untuk membantu dan tinggal bersama orang-orang percaya untuk selama-lamanya. Akan tetapi bukan sahabat yang hanya sekedar mendampingi tanpa berbuat apa-apa, tetapi Dia memberikan penghiburan yang membuat kita merasa aman dan tentram. Kata ‘Penghibur’ bukan diartikan sebagai ‘entertainer’, melainkan yang berarti pensyafaat, penasehat (konselor) yang senantiasa memberikan bimbingan dan arahan bagi kita.

Satu hal yang sering manusia rasakan saat mengalami kesulitan, persoalan dan pergumulan adalah merasakan kesendirian, ditinggalkan, dan tidak ada seorang pun yang peduli dengan dirinya termasuk Tuhan. Itu sebabnya mereka berkata: “Tuhan mengapa Engkau membiarkan aku mengatasi masalah ini sendirian?” Kalau itu yang sedang anda rasakan dan alami saat ini, ketahuilah bahwa anda tidak sendiri! Ketahuilah bahwa Roh Kudus senantiasa menemani anda dalam menjalani kehidupan ini, bahkan disaat-saat yang tersulit sekalipun.
Doa: betapa kami sungguh bersyukur ya Tuhan, karena Engkau tidak pernah meninggalkan kami, bahkan memberikan Roh Kudus untuk mendampingi kami. SP