SIAPAKAH ROH KUDUS ITU?

by samuelyasa


Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku (Yoh. 15:26).

Ada sebuah artikel berjudul: “Negara terkaya di dunia”. Dalam artikel itu dijelaskan bahwa negara tersebut memiliki tambang emas terbesar dan terbaik di dunia, memiliki cadangan gas alam terbesar, hutan tropis terbesar, memiliki lautan terluas, memiliki jumlah penduduk terbesar ke empat di dunia, memiliki tanah yang subur, dan memiliki banyak pemandangan alam yang eksotis, yang tidak dimiliki negara lain. Tahukah anda negara yang dimaksud? Mungkin ada diantara kita yang tidak menyadari, bahwa negara yang dimaksud adalah ‘Indonesia.

Hal yang sama sering terjadi dalam kehidupan sebagian orang Kristen, tidak menyadari dan mengenal berkat besar yang Allah nyatakan dalam pekerjaan Roh Kudus bagi kehidupan orang percaya. Hal itulah yang membuat orang Kristen mudah diombang-ambingkan atau disesatkan oleh berbagai pengajaran yang keliru tentang Roh Kudus. Untuk itulah kita perlu memahami siapakah Roh Kudus itu, dan apakah pekerjaan Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya.

Roh Kudus adalah Pribadi ketiga Allah Trinitas. Roh Kudus adalah Allah sendiri yang keluar dari Bapa dan diutus oleh Bapa. Apa makna bahwa Roh Kudus “keluar dari” Bapa di dalam Yohanes 15:26 ? Artinya Roh Kudus tidak dicipta, melainkan memiliki esensi yang sama dengan Bapa dan Anak. Pernyataan tersebut juga menunjukkan adanya hubungan yang khusus dan unik antara Roh Kudus dan Bapa. Roh Kudus bukan Allah yang baru, Dia adalah Allah, sama pikiran-Nya, sama kehendakNya. Alkitab memberikan bukti bahwa didalam karya Allah, Roh Kudus turut serta di dalamnya. Misalnya: dalam karya penciptaan (Kej. 1:2); dalam karya penebusan, Roh Kudus menggerakkan, melahirbarukan (Yoh. 3:3-5), Roh Kudus berperan menguduskan umat pilihan-Nya yang telah ditebus oleh Kristus (1 Pet. 1:2); berkarya dalam pewahyuan (2 Pet. 1:20-21). Jadi, perlu dipahami bahwa Roh Kudus bukan pribadi yang lebih rendah dari Allah Bapa atau Anak, tetapi Dia adalah Allah yang juga menyatakan, dan mengerjakan karya-karya Allah yang teramat besar. Ia menyampaikan kebenaran Kristus, dan meneguhkan kembali apa yang dikatakan Kristus.

Doa: Tuhan, terimakasih karena Engkau telah memberikan berkat yang besar dalam kehidupan kami, yaitu memberikan Roh Kudus bagi kami. SP