ROH KUDUS sebagai METERAI PERJANJIAN ALLAH

by samuelyasa


1:13 Di dalam Dia kamu juga — karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu — di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. 14 Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya. (Efesus)

Apa itu meterai atau cap?
Suatu tanda pengesahan terhadap suatu perjanjian atau peraturan dari si pembuat perjanjian / peraturan. Raja-raja zaman purba mempunyai cincin yang digunakan sebagai meterai. Sekarang juga banyak dokumen-dokumen yang sah memerlukan meterai-meterai untuk disetujui.

Lalu apakah yang dimaksudkan dengan Roh Kudus sebagai materai perjanjian Allah? Apakah hanya berupa sebuah symbol, sebuah cap dengan bentuknya yang khusus?

Bila kita menyimak Firman Tuhan diatas maka kita akan dipahamkan dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut! Di dalam Dia juga apabila kita percaya, kita dimeteraikan. Pemeteraian ini tidak terjadi sebagai peristiwa sesudah keselamatan tetapi terjadi serentak dengan keselamatan itu sendiri..dikatakan meterai sebagai tanda kepemilikan dan jaminan Roh Kudus sendirilah meterainya. Melalui kehadiran-Nya menjamin keselamatan hidup kita.

Hidup yang dimeteraikan harusnya mempunyai “nilai”.bila tidak maka tidak ada sesuatu yang membedakan kita dengan mereka yang di luar Kristus.

Dengan mempunyai “nilai” didalam kehidupan yang telah dimeteraikan akan menjadikan orang disekeliling kitapun bisa memiliki “nilai” itu. Ada pepatah yang mengatakan untuk mengeluarkan yang terbaik dalam diri seseorang maka kita harus terlebih dahulu melakukan yang terbaik.

Meterai raja atau apapun bisa dibuat tiruannya, tetapi tidak dengan meterai yang datangnya dari Allah. Roh Kudus yang diberikan kepada kita bersifat menetap dan berdampak luas, sekarang bagaimana kita meresponi akan hal ini.
Doaku: Tuhan tolonglah saya untuk tidak saja bangga dengan meterai yang Kau berikan tetapi tolonglah saya untuk mempertanggung jawabkannya dengan membangun hidup yang berintegritas. Amin .hp