ROH KUDUS & KARYA KESELAMATAN (Menginsyafkan akan Dosa)

by samuelyasa


16:7 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. 8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; 9 akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; 10 akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; 11 akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum. (Yohanes)

Apa itu hari natal? Apa itu paskah? Pertanyaan ini akan mudah dijawab oleh kebanyakkan kita. Bagaimana kalau pertanyaannya ditambahkan, apa itu Kenaikan Tuhan Yesus? Apa itu Pentakosta? Tidak jarang ada yg menjawab, sama khan Pentakosta dan Kenaikkan Tuhan Yesus!!
Bahkan yg lebih parah lagi ada yg merespon “apa yah, koh sy tidak tahu”!

Minggu kemarin kita merayakan hari Pentakosta, hari dimana Roh Kudus dicurahkan, diturunkan, seperti yang sudah dijanjikan. Ketika Tuhan hendak naik ke Surga, murid-muridNya tentu tidak dengan mudah melepaskannya, apalagi setelah kehilangan beberapa hari, namun Firman Tuhan mencatat dengan jelas, Yesus berkata, “bila Aku (Yesus) tidak pergi maka Penghibur yg dijanjikan, tidak akan datang”! Dan kalau Ia tidak datang maka dunia tidak akan pernah insaf akan dosa, karena melalui Aku dunia tdk percaya,(tp tdk melalui Roh Kudus, yg dpt bekerja dengan leluasa).
Itulah peranan Roh Kudus yg dijanjikan, harus diakui, banyak orang tidak terlalu memperhatikan akan hal ini. Adanya Roh Kudus yg diperuntukkan khusus untuk mendampingi kita . Padahal pada waktu seseorang diselamatkan, hidupnya bukan milik mereka lagi, tetapi Kristus diam di dalam dirinya. Berarti keberadaan diri orang percaya itu bukan lagi tentang dirinya sendiri tetapi Roh Tuhan yang tinggal di tengah-tengah kehidupannya
Peranan kuasa Roh Kudus membuat kita dipahamkan akan kary keselamatan yang Tuhan kerjakan dalam diri Anak-Nya Yesus Kristus, yang menjadikan kita menjadi mengenal dan pecaya kepadaNya. Amin .hp