PIMPINLAH AKU, YA ROH KUDUS

by samuelyasa


“Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu” (Yohanes 14:26).
Roh Kudus adalah salah satu Pribadi dari Allah Tritunggal. Tuhan Yesus menyebut-Nya sebagai “Penolong” (parakletos) yang memiliki arti secara harafiah seseorang yang dipanggil untuk menjadi pendamping agar dapat menolong. Roh Kudus juga disebut sebagai Penghibur yang akan mengajar kebenaran dalam diri orang percaya.
Roh Kudus akan melaksanakan bagi para murid seperti apa yang sudah dilaksanakan oleh Tuhan Yesus bagi para murid ketika Ia masih bersama-sama mereka. Roh Kudus akan mendampingi mereka, menolong dan menguatkan iman mereka (bnd Mat 14:30-31) khususnya dalam keadaan yang sulit. Roh Kudus juga akan mengajar dan mengingatkan mereka akan kebenaran yang mereka terima sehingga mereka dapat mengajarkan kebenaran kepada orang lain.
Roh Kudus akan menolong orang percaya untuk bersaksi akan kebenaran (sebab Tuhan Yesus sendiri menyebut dirinya sebagai jalan, kebenaran dan hidup ~ Yoh 14:6, bnd 18:37) dan untuk menerangkan (mengatakan) akan kebenaran serta berani menyingkapkan hal-hal yang tidak benar, sehingga dapat menuntun orang lain ke dalam kebenaran (lihat Yoh 16:8, 13).
Dengan demikian sangat penting bagi orang percaya (gereja) agar tetap memegang dan meninggikan kebenaran. Gereja yang meninggalkan kebenaran dan berkompromi dengan dosa adalah gereja yang sudah tidak setia pada Kristus. Roh Kudus tidak akan pernah menjadi penolong (penuntun) bagi orang-orang yang bersikap acuh tak acuh terhadap iman kebenaran atau bersikap “abu-abu” terhadap kebenaran. Bagaimana dengan kita? Masihkah kita berdiri di atas kebenaran?
(Giant)