ATRIBUT ILAHI ROH KUDUS (2)

by samuelyasa


“… yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu” (Yohanes 14:17).

 Atribut Ilahi Roh Kudus yang keempat yang dapat kita lihat adalah Ia Mahahadir. Di dalam Mazmur 139::7-9, Daud menyadari bahwa ia tidak dapat lari dari hadapan Roh Allah. Meskipun ia naik ke atas langit, ataupun turun ke dalam dunia paling bawah, Roh Kudus ada di sana.

Kemahahadiran Roh Kudus juga ditegaskan oleh Tuhan Yesus. Roh Kudus akan tinggal di dalam hati orang percaya, Ia akan senantiasa menyertai orang percaya. Betapa bersyukurnya kita sebab Roh Kudus selalu hadir dalam hidup kita.

Kelima, Roh Kudus adalah Kekal (Ibrani 9:14). Dalam bagian ini Roh Kudus disebut dengan Roh yang Kekal. Sama seperti Allah Bapa yang kekal maka Roh Kuduspun kekal adanya.

Keenam, Kudus. Sama seperti Allah Bapa, Anak adalah Kudus, maka Roh Kuduspun adalah kudus adanya. Roh Kudus akan menolong orang percaya untuk menjalani kehidupan dengan kudus. Orang percaya harus juga menghormati kekudusan Roh Kudus (baca Mat 12:32, Kis 5:3, 5, 9).

Ketujuh, Kasih (Gal 5:22). Allah adalah Kasih, Kristus juga penuh kasih, maka Roh Kuduspun adalah kasih. Karena Roh Kudus adalah kasih maka Ia juga akan menghasilkan kasih. Orang percaya yang dipenuhi oleh Roh Kudus akan mengalirkan kasih kepada orang lain.

Doa: “Bapa di sorga, betapa besar berkat yang Engkau berikan kepada kami yang membuat kami semakin sadar bahwa kami ada dan bisa menjalani iman kami, itu semua adalah anugerah-Mu, amin”

(Giant)