ATRIBUT ILAHI ROH KUDUS (1)

by samuelyasa


“Jikalau Penghibur yang akan Ku-utus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku” (Yohanes 15:26).
Allah Bapa, Anak, dan Roh Kudus adalah satu. Maka kita dapat melihat bahwa Roh Kudus juga memiliki atribut ilahi, sama seperti Allah dan juga Kristus. Beberapa atribut ilahi Roh Kudus yang dapat kita lihat adalah;
Pertama, Hidup. Dalam surat Roma dituliskan “Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukuman maut” menyatakan bahwa hidup merupakan suatu atribut ilahi (lihat Yos 3:10, Yoh 1:4, 14:6, 1 Tim 3:15). Sebagaimana Bapa dan Anak memiliki hidup pada dirinya (memiliki sumber hidup), maka demikian pula Roh Kudus memiliki hidup pada dirinya sendiri.
Kedua, Mahakuasa (1 Korintus 2:10-12). Kita tidak akan pernah mengetahui dan mengenal Allah jika Allah tidak menyatakan diri-Nya sendiri kepada kita melalui Roh-Nya. Roh manusia hanya sebatas mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan manusia, maka sangat penting untuk kita ketahui bahwa hanya Roh Kudus saja yang dapat mengetahui tentang Allah. Roh Kudus mengetahui kedalaman pengetahuan Allah. Manusia tidak akan pernah mengetahui pengetahuan tentang Allah, sebab manusia sudah jatuh dalam dosa. Hanya melalui anugerah dan kuasa Roh Kudus saja, kita dapat sedikit mengenal Allah (baca Roma 11:33).
Ketiga, Mahakuasa (Ayub 33:4). Kemahakuasaan Roh Kudus dapat dilihat dalam penciptaan. Di kitab Kejadian 1:2, dituliskan bahwa Roh Kudus (Roh Allah) terlihat melayang-layang di atas permukaan air. Roh Kudus terlibat dalam Penciptaan serta memberikan kehidupan pada ciptaan.
Renungkan; betapa besar kasih Allah yang dinyatakan kepada kita dengan memberikan Roh Kudus dalam hati kita. (Giant)