ROH KUDUS, PRIBADI YANG MEMILIKI PERSONALITAS (1)

by samuelyasa


“Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah” (1 Korintus 2:10)
Kita sesungguhnya tidak akan pernah dapat mengenal Allah dengan benar jika bukan Allah sendiri yang menyatakannya kepada kita. Dan hanya melalui Roh Kudus, kita dapat mengenal dan mengalami Allah dalam hidup kita. Roh Kuduslah yang memberi pengertian kepada kita, sebab Roh Kudus adalah salah satu Pribadi Allah Tritunggal, Pribadi yang memiliki personalitas. Berikut beberapa atribut dari Roh Kudus yang menyatakan personalitasnya.
Roh Kudus memiliki “Akal Budi”. Bacaan di atas mengatakan bahwa Roh Kudus menyelidiki segala sesuatu” Kata “menyelidiki” berarti meneliti atau menyelidiki sesuatu. Roh Kudus meneliti kedalaman dari Allah dan menyatakannya kepada orang percaya. Dengan demikian kita dapat mengenal Allah melalui apa yang dinyatakan oleh Allah sendiri melalui Roh Kudus yang termeterai dalam hati orang percaya.
Roh Kudus memiliki “Pengetahuan”. Manusia yang berdosa tidak akan pernah memiliki pengetahuan yang benar akan Allah. Tidak ada seorangpun manusia yang memiliki kesadaran dan pengetahuan akan pikiran Allah. Disinilah Roh Kudus yang berperan untuk menyatakan pengetahuan yang benar akan Allah kepada kita sehingga kita dapat mengetahui dan mengimani kebenaran Allah (1 Korintus 2:11).
Roh Kudus memiliki Pikiran. Dalam Roma 8:27 dikatakan bahwa Roh Kudus memiliki pikiran yang sama dengan Bapa. Sebagaimana Roh Kudus mengenal Bapa, demikian juga Bapa mengenal pikiran Roh Kudus. Dengan demikian, Roh Kudus memiliki cara berpikir, pola pikir, tujuan, aspirasi sama dengan Bapa (Efesus 1:17).
Doa: Tuhan Yesus, terima kasih bahwa aku boleh mengenal-Mu
(Giant)

Iklan