AKU PERCAYA KEPADA ROH KUDUS

by samuelyasa


“Aku akan meminta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya” (Yohanes 14:16)
Roh Kudus adalah salah satu Pribadi dari Allah Tritunggal. Dengan demikian, sangat penting bagi kita untuk mempelajari study tentang Roh Kudus dengan baik dan benar (sama pentingnya dengan doktrin Allah dan Kristologi / Kristus), karena di zaman ini banyak pengajaran tentang Roh Kudus yang keliru dan mulai diselewengkan guna kepentingan pribadi (menjadi “komoditi khusus” dalam gereja). Banyak orang berpikir bahwa Roh Kudus bukanlah pribadi dan hanya menganggapnya sebagai suatu penjelmaan dari kuasa semata. Pemikiran ini didasarkan pada pengertian bahwa hanya manusia saja yang memiliki personalitas (pribadi) yang nyata, dapat dilihat dan terbatas. Personalitas (pribadi) secara sederhana dapat dijabarkan sebagai yang memiliki akal budi, emosi dan kehendak. Dengan demikian tatkala kita menjelaskan bahwa Roh Kudus adalah salah satu Pribadi dari Allah Tritunggal, maka sebenarnya Roh Kudus adalah personalitas yang memiliki akal budi, emosi dan kehendak.
Dalam bacaan Alkitab hari ini, Tuhan Yesus menyebut Roh Kudus sebagai “Penolong” Dalam bahasa Yunani, kata ini adalah “Parakletos” yang secara harafiah memiliki arti “seseorang yang dipanggil untuk mendampingi agar dapat menolong”. Parakletos juga memiliki arti sebagai Penasehat, Penguat, Penghibur, Penolong, Pembela, Juruselamat, Sekutu dan Sahabat. Jadi kita harus memahami bahwa Roh Kudus bukan sekedar pengaruh tetapi suatu Pribadi dari salah satu Allah Tritunggal yang memiliki karakteristik personalitas.
Doa: Tuhan Yesus terima kasih atas anugerah-Mu yang bukan saja menyelamatkan kami, namun juga memberi kami Penolong yaitu Roh Kudus yang menolong kami untuk mengerti dan memahami anugerah-Mu yang besar dalam hidup kami, amin.(Giant)