INGATAN akan KESOMBONGAN

by samuelyasa


14:27 Lalu Yesus berkata kepada mereka: “Kamu semua akan tergoncang imanmu. Sebab ada tertulis: Aku akan memukul gembala dan domba-domba itu akan tercerai-berai. 28 Akan tetapi sesudah Aku bangkit, Aku akan mendahului kamu ke Galilea.” 29 Kata Petrus kepada-Nya: “Biarpun mereka semua tergoncang imannya, aku tidak.”

14:30 Lalu kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada hari ini, malam ini juga, sebelum ayam berkokok dua kali, engkau telah menyangkal Aku tiga kali.” 31 Tetapi dengan lebih bersungguh-sungguh Petrus berkata: “Sekalipun aku harus mati bersama-sama Engkau, aku takkan menyangkal Engkau.” Semua yang lain pun berkata demikian juga. (Markus)

Paulus pernah menegaskan kepada jemaat di Korintus agar mereka tidak over estimate terhadap diri dan kemampuan diri dalam menghadapi situasi yang menekan dan mencobai kita. Kondisi itu akan menjungkalkan kita apada kondisi yang terbalik. (1 Kor 10:12 Sebab itu siapa yang menyangka, bahwa ia teguh berdiri, hati-hatilah supaya ia jangan jatuh!) Sangat unik pesan Paulus yang disampaikan kepada jemaat Korintus dengan mengatakan bahwa ketika merasa kuat (teguh) justru menunjukkan kelemahan, namun tatkala merasa lemah maka akan mendapatkan kekuatan dari Allah (bnd. 2 Kor 12:10)
Kegagalan Petrus dimulai dari kepercayaan diri bahwa ia tidak akan pernah gagal, dengan lantang Petrus berkata bahwa ia tidak akan tergoncang imannya, sekalipun yang lain boleh tergoncang. Rasa kuat dan percaya diri ini ditambahkan dengan sesumbarnya bahwa ia rela mati untuk Tuhan dan bersama-sama Tuhan. Ketergaran Petrus ini nampaknya sangat luar biasa dan berkharisma sehingga memberikan pengaruh terhadap murid-murid yang lain yang akhirnya menyetujui dan berkata yang sama dengan Petrus. Sayangnya Petrus tidak pernah mampu mengukur “tergoncang imanmu” yang dimaksud oleh Tuhan Yesus, ia hanya merasa diri mampu menghadapinya. Dan ternyata imannya runtuh hanya oleh tudingan-2 orang yang menyatakan ia memiliki hubungan dengan Yesus.

Perenungan pernahkah kita dibanting dan dijungkir balikkan oleh kesombongan kita sendiri? Apa yg anda rasakan? jp

Iklan