INGATAN & KESADARAN

by samuelyasa


22:34 Tetapi Yesus berkata: “Aku berkata kepadamu, Petrus, hari ini ayam tidak akan berkokok, sebelum engkau tiga kali menyangkal, bahwa engkau mengenal Aku.”

22:61 Lalu berpalinglah Tuhan memandang Petrus. Maka teringatlah Petrus bahwa Tuhan telah berkata kepadanya: “Sebelum ayam berkokok pada hari ini, engkau telah tiga kali menyangkal Aku.”
Lukas

Ada beberapa pertanyaan telaah yang saya ingin bagikan kepada anda untuk memahami nats-2 di atas, khususnya berkenaan dengan Petrus yang teringat. Antara lain:
 Apa sesungguhnya yang diingat oleh Petrus? Apakah ia mengingat bahwa TUHAN pernah berkata, atau teringat akan isi perkataan TUHAN bahwa Petrus akan menyangkal 3 kali? Atau yang menjadi ingatan Petrus lebih tertuju pada keterjatuhannya bahwa ia telah menyangkali Yesus?
 Apa sebenarnya yang membuat Petrus teringat penyangkalannya terhadap Yesus, apakah Tuhan yang berpaling kepadanya atau ayam yang berkokok? (mengingat Tuhan yg berpaling memandang Petrus hanya dicatat dalam Injil Lukas)
 Berangkat dengan keyakinan bahwa Injil Lukas tidak berkontradiksi dg Injil yang lain, mungkinkah pandangan Yesus kpd Petrus dan kokokan ayam adalah dua peristiwa yang memiliki tujuan sama yakni menyadarkan/mengingatkan Petrus ttg apa yang baru saja ia lakukan, yakni menyangkal Yesus? Atau dua peristiwa yang memiliki jedah waktu yang di antaranya diisi oleh kegalauan hati Petrus yang kemudian ditegaskan kembali oleh Yesus yg memandang Petrus?
 Apakah Petrus tidak memiliki kesadaran akan kesalahan ketika ia melakukan penyangkalan pertama, kedua dan akhirnya ketiga? Atau kondisinya sangat mengancam keberadaan Petrus shg jalan keluar yang “terbaik” baginya adalah menyangkali Yesus? (sekalipun ia sadar kesalahannya sejak penyangkalan pertama)

Perenungan. Apakah kita akan bertindak sama dg Petrus dlm kondisi itu?