Pencipta Yang Menjadi Manusia

by samuelyasa


Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.            Yohanes 1:1, 14

Hal apa yang paling luar biasa Tuhan pernah lakukan bagi manusia? Tentu kita akan langsung memikirkan berbagai yang spektakuler seperti laut terbelah, menghidupkan orang mati, dll. Pernahkah kita berpikir pada satu peristiwa, yaitu Allah Pencipta yang menjadi manusia dalam diri Kristus? Paulus menyebutnya sebagai Kristus yang tidak menganggap kesetaraan dengan Allah sebagai milik yang harus dipertahankan melainkan telah mengosongkan diri-Nya untuk menjadi manusia (Filipi 2:6-7). Di dalam pemikiran dunia ini tidak masuk akal karena makin tinggi dan makin berkuasanya seseorang, ia makin berhak atas segala hak istimewa. Allah kita justru melakukan hal sebaliknya untuk membuktikan bahwa Ia adalah Imanuel.

Di dalam sejarah Kekristenan hal ini menimbulkan munculnya berbagai bidat. Ada yang mengajarkan bahwa Yesus adalah Tuhan yang dibungkus dengan tubuh, sehingga Ia bukan manusia sejati, sebaliknya ada yang mengajarkan bahwa Yesus bukanlah Tuhan sejati dan Ia hanya manusia. Alkitab mengajarkan bahwa Yesus tetap Tuhan yang Maha Kuasa secara utuh dan juga manusia yang utuh yang mengalami seluruh pergumulan manusia.

Di dalam kemahakuasaan-Nya Allah rela menjadi manusia dan  tinggal bersama manusia, sehingga Ia juga mengalami seluruh penderitaan yang manusia alami. Selama tinggal di dunia juga menunjukkan seluruh keilahian-Nya. Ia berbelas kasihan kepada manusia dan menyatakan kasih-Nya kepada manusia. Jika kita lihat segala mujizat-Nya, semua Ia lakukan untuk menolong manusia sehingga manusia mengenal Allah, bahkan Ia tidak melakukan mujizat untuk membebaskan diri-Nya dari penderitaan. Sungguh luar biasa Allah kita.

 

Kami memuji kebesaran-Mu, ajaib Tuhan, ajaib Tuhan