Nama-Nya Imanuel

by samuelyasa


Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel                                                                         Yesaya 7:14

          Imanuel adalah sebuah nama yang pertama kali muncul dalam Kitab Yesaya. Pada waktu itu (736-734 SM) Ahas, raja Yehuda mendapat ancaman serangan dari Pekah, raja Israel yang bersekutu dengan Rezin, raja Aram. Ancaman ini membuat Raja Ahas dan seluruh rakyat Yehuda ketakutan. Dalam keadaan demikian, Tuhan mengutus Nabi Yesaya untuk menenangkan dan meneguhkan hati Raja Ahas, bahkan Tuhan menawarkan Raja Ahas untuk meminta pertanda dari Tuhan. Pertolongan Tuhan ditolak oleh Raja Ahas dan ia malah meminta bantuan kepada Tiglat-Pileser, raja Asyur. Namun demikian melalui Nabi Yesaya Tuhan tetap menjanjikan kedatangan Sang Imanuel yang akan menyelamatkan umat-Nya, yang kemudian tergenapi di dalam kedatangan Yesus Kristus di dunia.

Sesungguhnya janji akan datangnya Imanuel (Allah beserta kita) mau menunjukkan bahwa Allah adalah Allah yang tidak pernah meninggalkan umat-Nya. Sekalipun manusia berusaha menolak dan menggagalkannya, Allah tetap setia memegang janji-Nya. Dari peristiwa jatuhnya kerajaan Yehuda dan pembuangan, Tuhan tetap memelihara kaum yang tersisa yang hidupnya takut akan Tuhan. Dari kaum itulah kemudian lahir Yesus Kristus, Sang Imanuel (Matius 1:23) yang menjadi Juru Selamat umat manusia.

Allah rindu untuk bersekutu bersama kita dan menolong kita. Ia mau kita bersandar penuh kepada-Nya, adakah kita juga rindu untuk bersekutu dengan-Nya dan selalu bersandar kepada-Nya dalam segala keadaan? Hanya di dalam Dia ada kuasa, kekuatan, hikmat dan damai sejahtera.

 

Doa: Terima kasih Tuhan karena Engkau senantiasa beserta dengan kami. Amin.                                                                                                                          -va