Perseteruan Dua Berita

by samuelyasa


28:7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu.” 8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus. . . . 10 Maka kata Yesus kepada mereka: “Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku.”  . . . 12 Dan sesudah berunding dengan tua-tua, mereka mengambil keputusan lalu memberikan sejumlah besar uang kepada serdadu-serdadu itu 13 dan berkata: “Kamu harus mengatakan, bahwa murid-murid-Nya datang malam-malam dan mencuri-Nya ketika kamu sedang tidur. 14 Dan apabila hal ini kedengaran oleh wali negeri, kami akan berbicara dengan dia, sehingga kamu tidak beroleh kesulitan apa-apa.” 15 Mereka menerima uang itu dan berbuat seperti yang dipesankan kepada mereka. Dan ceritera ini tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang ini.

Matius

 

Mari kita simak nats bacaan kita hari ini, dan saya ingin mengajak anda untuk melihat perbandingan sekaligus pertandingan antara dua berita yang harus dikumandangkan dalam tempo waktu yang sama, yakni:

  1. Berita I: Yesus bangkit seperti yg dikatakan-Nya, kubur kosong
    1. Diperintahkan oleh Tuhan melalui malaikat-2Nya
    2. Dilaksanakan oleh murid-2Nya
    3. Berita sukacita yang harus diwartakan senantiasa agar orang percaya bahwa Yesus telah bangkit dan menang atas kuasa dosa (maut)
    4. Berita II: Yesus tidak bangkit, tetap mati & mayatnya dicuri.
      1. Diperintahkan oleh imam-2 kepala & orang-2 Farisi
      2. Dilaksanakan oleh antek-anteknya, termasuk mereka yang telah menerima suap.
      3. Berita yg bermuatan ketakutan karena ancaman kebenaran dari berita kebangkitan Kristus.

Sadarkah anda bahwa kedua berita ini masih ada dan terus bersaing untuk meyakinkan dunia yg berdosa. Berita mana yang anda beritakan? jp