Kebangkitan: Berita Sukacita

by samuelyasa


Kebangkitan: Berita Sukacita

 

28:5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: “Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu. 6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring. 7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu.” 8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.

Matius

 

Dua hari yg lalu kita telah merenungkan antithesis dari KEBANGKITAN KRISTUS (berita yg menakutkan) padahal sesungguhnya kebangkitan-Nya adalah berita kemenangan & sukacita; dan itulah yang dialami oleh murid-2 Yesus. Firman Tuhan memberitahukan dan menegaskan hal ini, bahwa berita kebangkitan merupakan berita sukacita yg penuh kemenangan. Hal ini dapat kita lihat dari teks bacaan di atas:

  1. Perkataan malaikat Tuhan “janganlah kamu takut” sebagai indicator pertama bahwa berita yg akan mereka dengar bukanlah berita menakutkan. Boleh dikatakan sebagai sebuah pola yg sama halnya ketika malaikat Tuhan berjumpa dengan Zakaria, Maria, para gembala & lainnya.
  2. Inti berita itu sendiri adalah berita sukacita tentang Kebangkitan Kristus, sebagai mana yang telah diucapkan oleh Yesus kepada muris-Nya bahwa IA akan bangkit.
  3. Dari sikap perempuan-2 itu. Mereka segera pergi dan berlari dengan cepat dengan membawa berita sukacita yang segera ingin diperdengarkan bagi murid-2 yang lain

 

Perenungan Biasanya kita akan berespon sama dengan perempuan-2 itu, khususnya tatkala kita menerima kabar sukacita, dan kita bahkan tak kuasa untuk segera berbagi rasa dengan mereka yang kita ingin kabari sukacita tersebut. Demikian bukan sikap kita? Bila YA, apakah Kebangkitan Kristus juga merupakan berita sukacita bagi anda? Bagaimana anda meresponnya?kepada siapa anda akan berbagi?           jp

Iklan