Kebangkitan: Berita Kemenangan

by samuelyasa


28:5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: “Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu. 6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring. 7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu.” 8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.             (Matius)

 

Salah satu lagu favorit yang dinyanyikan ketika Paskah atau memperingati kebangkitan Kristus adalah Just Because He Lives (S’bab Dia Hidup) dengan syairnya yang penuh keyakinan dinyanyikan – “Kubur kosong membuktikan DIA hidup.”

Itulah kira-2 yang ingin disampaikan oleh para malaikat kepada perempuan-2 yang mengunjungi kubur Yesus. Kata-kata Ia tidak ada di sini dan lihatlah tempat Ia berbaring merupakan perkataan pembuktian bahwa benar kubur itu telah kosong; bukan karena mayat Yesus dicuri oleh murid-2 sebagaimana dakwaan & kebohongan yg disebarkan luaskan oleh imam-2 kepala, orang-2 Farisi & antek-2nya. Yesus telah bangkit sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Minimalnya Yesus telah mengatakan hal ini kepada murid-2Nya sebanyak 3 kali (Matius 16:21; 17:23; 20:19) ketika IA memberitahukan tentang penderitaan-Nya, walaupun pada awalnya pemberitahuan ini mendatangkan kesedihan bagi murid-2Nya namun setelah itu menjadi sukacita yang amat besar karena mereka dibuktikan bahwa perkataan Yesus sungguh benar, IA telah bangkit.

            Namun lebih dari itu sesungguhnya kebangkitan Yesus merupakan kebangkitan untuk menyatakan kemenangan. Maut tidak berkuasa atas Kristus Yesus; dosa telah dikalahkan, belenggu-2 dosa telah dipatahkan; Yesus bangkit dan IA hidup dan setiap orang percaya telah dibebaskan untuk menjadi milik Tuhan. Tepat sekali seperti yang digambarkan oleh syair lagu – S’bab DIA hidup ada hari esok; S’bab DIA hidup ku tak gentar; Kar’na ku tahu DIA pegang hari esok; Hidup jadi berarti s’bab DIA hidup. Apakah anda merasa hidup anda berarti karena Kristus bangkit?Sudahkah anda menemukannya?                                                jp

Iklan