Kebangkitan: Berita Menakutkan

by samuelyasa


27:62 Keesokan harinya, yaitu sesudah hari persiapan, datanglah imam-imam kepala dan orang-orang Farisi bersama-sama menghadap Pilatus, 63 dan mereka berkata: “Tuan, kami ingat, bahwa si penyesat itu sewaktu hidup-Nya berkata: Sesudah tiga hari Aku akan bangkit. 64 Karena itu perintahkanlah untuk menjaga kubur itu sampai hari yang ketiga; jikalau tidak, murid-murid-Nya mungkin datang untuk mencuri Dia, lalu mengatakan kepada rakyat: Ia telah bangkit dari antara orang mati, sehingga penyesatan yang terakhir akan lebih buruk akibatnya dari pada yang pertama.” 65 Kata Pilatus kepada mereka: “Ini penjaga-penjaga bagimu, pergi dan jagalah kubur itu sebaik-baiknya.” 66 Maka pergilah mereka dan dengan bantuan penjaga-penjaga itu mereka memeterai kubur itu dan menjaganya. 28:2 Maka terjadilah gempa bumi yang hebat sebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan menggulingkannya lalu duduk di atasnya. 3 Wajahnya bagaikan kilat dan pakaiannya putih bagaikan salju. 4 Dan penjaga-penjaga itu gentar ketakutan dan menjadi seperti orang-orang mati.           (Matius)

 

Bila kita menyimak perkataan imam-2 kepala & orang-2 Farisi (ayat 63), maka ada beberapa kemungkinan yang dapat kita bangun untuk mengetahui perkiraan latar belakangnya. Misalnya:

  1. Mereka tahu & meyakini bahwa Yesus tidak akan bangkit. Demi menjaga kebenaran & keutuhan pengajaran taurat maka perlu mengantisipasi agar langkah-2 penyesatan diminimalisir/dihentikan
  2. Mereka ragu & takut jangan-2 apa yg dikatakan Yesus merupakan kebenaran. Demi menjaga muka dan takut dihujat orang maka tidak ada salahnya berjaga-2 & mengantisipasinya dg langkah-2 preventif, termasuk melibatkan penguasa & tentaranya.
  3. Mereka tahu bahwa Yesus akan bangkit, mungkin saja setelah melewati “perenungan ulang” pada firman TUHAN yg mereka pelajari perihal janji keselamatan Allah & Mesias. Justru karena mereka tahu maka mereka takut dan mengajukan permohonan kepada Pilatus utk menyediakan penjagaan thd kubur Yesus.

 

Sedemikian takutkah mereka akan KEBANGKITAN Yesus? Seberapa signifikansikah berita kebangkitan Yesus, shg dunia harus menutupinya? jp 

Iklan