Bertekun dan Pergilah!

by samuelyasa


Kolose 1:23

Sebab itu kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya. (Kol. 1:23)

Ayat yang kita renungkan hari ini merupakan satu kesatuan yang dimulai dari ayat ke-15 yang berbicara mengenai keutamaan Kristus. Berkaitan dengan Jumat Agung dan Kebangkitan Kristus, maka mari kita melihat salah satu keutamaan Kristus yang dicatat oleh Paulus dalam bagian ini, yaitu: mengadakan pendamaian. Kita semua sudah tahu bahwa sesungguhnya kita harus binasa oleh karena dosa kita. Akan tetapi, ketika kita percaya kepada Kristus yang telah mati di atas kayu salib, mencurahkan darah-Nya untuk menebus dosa kita, maka hubungan kita dengan Allah yang telah rusak telah didamaikan-Nya dan dengan demikian kita juga diselamatkan dari murka Allah.
Setelah kita didamaikan dan diselamatkan dari murka Allah, apa yang seharusnya kita lakukan? Melalui bagian yang kita baca, maka kita akan mendapatkan dua hal. Pertama, kita harus bertekun dalam iman. Paulus mengatakan bahwa sebagai orang yang telah didamaikan dengan Allah hendaknya kita mempunyai keyakinan yang kuat, teguh dan tidak mudah digoyahkan. Dengan cara bagaimana kita mempunyai iman yang demikian? Tidak lain dengan bertekun dalam belajar firman Tuhan. Kedua, memberitakan Injilnya. Setelah kita menerima pendamaian, maka kita sudah selayaknya pergi memberitakan Injil, berita pendamaian itu kepada mereka yang belum mendengarnya. Inilah yang Paulus lakukan dengan menjadi pelayannya. Melihat apa yang Paulus lakukan tidak heran jika Wiliam Hendriksen, seorang penafsir Alkitab mengatakan demikian, “Seorang pelayan Injil adalah seorang yang mengetahui Injil, telah diselamatkan oleh Kristus Yesus dari berita Injil, dan dengan hati yang bersukacita memproklamasikan Injil kepada orang lain.”
Sebagai seorang yang telah menerima pendamaian dan keselamatan melalui Kristus Yesus, sudahkah iman kita semakin hari semakin bertumbuh atau sebaliknya? Sudahkah kita menceritakan Injil Kristus Yesus kepada mereka yang belum mendengarnya? Kiranya Tuhan menolong kita sekalian.

Doa: Tuhan, bersyukur buat firman-Mu hari ini. Terima kasih untuk pendamaian yang telah Engkau lakukan. Tolong aku untuk giat menceritakan berita pendamaian yang telah aku terima kepada mereka yang belum mendengarnya.