Pengampunan hanya dari Allah

by samuelyasa


30Dengan tidak memandang lagi zaman kebodohan, maka sekarang Allah memberitakan kepada manusia, bahwa di mana-mana semua mereka harus bertobat.31Karena Ia telah menetapkan suatu hari, pada waktu mana Ia dengan adil akan menghakimi dunia oleh seorang yang telah ditentukan-Nya, sesudah Ia memberikan kepada semua orang suatu bukti tentang hal itu dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati.”

(Kis. 17: 22-34)

 

Bagian nats di atas adalah penggalan dari perikop yang mencatat perjalanan misi penginjilan Paulus.Saat itu Paulus berada di Atena.  Di sana ia menemukan bahwa banyak orang yang menyembah dewa-dewa, membentuk allah-allah dari buatan tangan manusia, entah itu dari kayu, dari emas, perak, ataupun batu. Mereka melakukan ini karena takut kehilangan berkat dan untuk menghindarkan diri dari hukuman.Bagaimana pun mereka menyadari keberdosaan mereka, dan mereka berusaha mencari pengampunan dengan hikmat manusia yang dangkal.

Saat ini di sekitar kita, ada banyak orang yang berusaha untuk mencari pengampunan dengan cara-cara yang sebetulnya tidak dapat mendatangkan pengampunan.Sungguh menyedihkan, bukan?Berusaha namun tidak mendapatkan jalan keluar.Mereka tidak berpengharapan karena tidak mencari pada pribadi yang tepat.

Bersyukurlah kita, karena kita bisa datang kepada Allah untuk memohonkan pengampunan atas dosa-dosa kita.Ya, Allah adalah satu-satunya pribadi yang bisa memberikan pengampunan bagi kita.Mengapa?Karena Dialah yang memberikan standar kekudusan hidup yang seharusnya ktia capai.Ketika kita melanggarnya, kita menentang Allah, kita beroposisi dengan Allah, dan karena itu Allah Sang pemilik hukumlah yang bisa memberikan pengampunan.

Selain itu, karena Allah juga adalah Sang Hakim.Seorang hakim bertugas untuk mengambil keputusan atas sebuah perkara. Dalam kasus manusia, dosa-dosa manusia adalah sebuah perkara pelanggaran hukum  Allah yang akan dibawa ke penghakiman terakhir. Allahlah yang akan memberikan putusan bagi kita. Ia punya kuasa untuk menghukum atau mengampuni kita. Hanya dari Allah saja pengampunan itu berasal.

Doa : Aku bersyukur Tuhan, karena Engkau adalah Hakim yang adil, yang mampu mengampuni aku karena kesalahanku. Tolonglah aku mampu memberitakan kebenaran ini kepada orang lain yang juga membutuhkan pengampunan.                                                                                       Nix’z