MEMATIKAN DOSA

by samuelyasa


Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup.

Roma 8:13

Dalam bagian akhir perenungan hari-hari yang lalu selalu ada ajakan untuk memohon ampun atas segala dosa kita karena memang hidup kita tidak pernah tidak berdosa.Tetapi ini bukan berarti kita menyerah begitu saja terhadap dosa. John Owen (1616-1683) menulis artikel “The Mortification of Sin in Believers” yang didasari dari Roma 8:13.
Dalam artikel tersebut John Owen menegaskan bahwa mematikan (mortify) perbuatan-perbuatan tubuh (dosa) merupakan kewajiban seumur hidup semua orang percaya yang harus terus dilakukan sampai ia bertemu Tuhan. Ini bukan berarti membasmi dan memusnahkan dosa sampai dosa tidak ada lagi dalam diri manusia, melainkan membiasakan diri untuk melemahkan dan melawan dosa.Tindakan mematikan dosa juga berkaitan dengan Roma 6 mengenai orang percaya yang dipersatukan dalam kematian dan kebangkitan Kristus.Paulus dengan tegas mengatakan kita telah mati bagi dosa, jadi tidak seharusnya kita hidup di dalam dosa.Di sinilah tanggung jawab semua orang percaya untuk terus berjuang melawan dan mematikan dosa dalam dirinya.Perjuangan ini bukanlah hal yang menyenangkan karena kita harus melawan keinginan dosa kita dan membuang tindakan-tindakan dosa yang sudah biasa kita lakukan dan kita sudah nyaman di dalamnya, misalnya kebiasaan berkata kasar ketika marah, gosip, berbohong, dll. Tetapi berita baiknya adalah Tuhan tidak minta kita hanya mengandalkan kekuatan kita, Ia menyediakan Roh-Nya di dalam diri kita. Roh itu adalah Roh Allah yang mengerti segala pergumulan manusia, Roh yang telah menang mengalahkan kuasa dosa.
Berita baik dari perjuangan mematikan dosa adalah janji “kamu akan hidup”.Hidup ini tidak sekedar mengacu pada hidup kekal di surga yang sudah menjadi jaminan bagi kita, tetapi juga hidup selama di dunia, hidup yang penuh sukacita, berkemenangan dan selalu mengalami kekuatan dan penghiburan Tuhan. Hidup yang demikian tidak akan kita alami jika kita tidak berjuang mematikan segala dosa dalam diri kita. Mari berjuang dan mengalaminya. -va
T’lah kulihat kebaikan-Mu yang tak pernah habis di hidupku
Kuberjuang sampai akhirnya Kau dapati aku tetap setia