LANGIT MENCERITAKAN KEMULIAANMU

by samuelyasa


Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya; hari meneruskan berita itu kepada hari, dan malam menyampaikan pengetahuan itu kepada malam. (Mazmur 19:2-3)

Isaac Newton adalah seorang ilmuwan terkemuka yang mengasihi Allah dan memercayai firman Allah.Dia memberikan sumbangsih yang sangat besar dalam dunia fisika, matematika, dan astronomi. Newton juga pernah menulis kalimat yang sangat dalam: “saya sangat percaya bahwa Alkitab adalah firman Allah, yang ditulis oleh orang-orang yang memperoleh wahyu. Saya mempelajari Alkitab setiap hari.Ketika saya mengamati tata surya, saya melihat bumi berada pada jarak yang ideal dari matahari sehingga menerima panas dan cahaya dalam jumlah yang ideal pula.Ini tidak mungkin terjadi secara kebetulan.”

Johannes Kepler yang juga seorang ilmuwan ternama dan takut Tuhan, pernah menguraikan teka-teki gerakan planet. Pada waktu banyak ilmuwan lain telah menyerah dan tidak melanjutkan upaya mereka, Kepler mencari dan menemukan pola logis sederhana dalam gerakan planet yang mencerminkan kemahabesaran Allah. Sebuah pernyataan Kepler yang sangat indah: “kita melihat bagaimana Allah, bagaikan seorang arsitek, menciptakan dunia sesuai dengan tatanan dan pola yang mengatur semuanya sedemikian sempurna.”

Tidak ada sesuatu yang kebetulan di dunia ini.Allah menciptakan alam semesta dengan sangat cermat dan teliti, tanpa ada kesalahan sedikitpun. Allah mengatur segala sesuatunya dengan sempurna, salah satu maksud dan tujuannya adalah: supaya menusia dapat mengenal dan mempercayai Allah. Sebagai rasa syukur dan kekaguman ketika melihat keagungan karya Allah itulah, maka Pemazmur mengatakan ‘langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tanganNya’.Masihkah kita berpikir bahwa alam semesta yang luas ini muncul dengan sendirinya? Biarlah kita dapat berkata seperti Pemazmur dan seperti Kepler yang berkata: dulu saya berniat menjadi teolog tapi sekarang, melalui apa yang saya lakukan, saya melihat bahwa Allah juga dimuliakan dalam astronomi karena ‘langit mengungkapkan kemuliaan Allah’.

 

Doa: Tuhan, terimakasih Engkau telah menciptakanku dengan ‘sempurna’, dan pakailah hidupku Tuhan, agar setiap tutur kata, sikap, tingkahlaku, dan seluruh hidupku senantiasa mengungkapkan kemuliaanMu.