Allah memberkati ciptaan-Nya

by samuelyasa


Lalu Allah memberkati semuanya itu, firman-Nya: “Berkembangbiaklah dan bertambah banyaklah serta penuhilah air dalam laut, dan hendaklah burung-burung di bumi bertambah banyak.” (Kej. 1:22).

 

Sebuah kebenaran penting yang perlu untuk kita percayai adalah: bahwa Allah tidak hanya menciptakan bumi dengan segala isinya, melainkan juga Allah yang memberkati ciptaan-Nya. Setelah Allah menciptakan alam dan segala makhluk hidup yang ada di dalamnya, Ia memberkati semua makhluk hidup dan menyatakan bahwa semuanya itu sungguh amat baik (Kej. 1:9, 22, 25, 31). Allah memberkati dan memberikan kemampuan kepada makhluk hidup untuk berkembang biak, supaya dapat digunakan untuk kelangsungan hidup di bumi.

Ketika Allah memberkati ciptaan-Nya, sebenarnya memiliki implikasi yang penting bagi kita. Pertama, hal tersebut menyatakan bahwa Allah senang dan menghargai karya-Nya. Sebab apa yang telah Ia jadikan adalah baik adanya. Dengan demikian kita pun harus menghargai apa yang diciptakan-Nya. Baik alam dengan segala keindahanya, hewan, dan segala kekayaan alam yang ada di dalamnya harus kita hargai, baik untuk dinikmati, dan bernilai tinggi. Kedua, sekalipun alam telah tercemar oleh dosa, tetapi tidak menghapuskan sifat-sifat baik dari ciptaan Allah. Seorang penulis bernama Arlianus Larosa mengatakan bahwa “perlu diakui bahwa tidak ada satu realitas pun dalam dunia ini, yang dalam dirinya sendiri dapat disebut jahat. Allah menjadikan semuanya itu dalam keadaaan baik, oleh sebab itu tidak boleh ada yang memberikan penilaian buruk terhadap semua ciptaan-Nya”.

Sampai saat ini pun Allah tetap memberkati ciptaan-Nya. Dan tidak ada satupun dari ciptaan-Nya yang tidak diberkati-Nya. Bumi dengan segala kekayaan yang ada di dalamnya adalah berkat Tuhan yang perlu untuk disyukuri. Sebab semua itu disediakan Allah, sebagai anugerah untuk kita nikmati bagi kelangsungan hidup umat manusia di bumi. Namun, ada hal yang sangat penting yang harus mendasari dalam pemanfaatan kekayaan alam, tumbuhan, hewan, dan semua sarana kebudayaan yang Tuhan sediakan bagi kita (seperti: teknologi, kesenian dll), yaitu harus dimanfaatkan untuk memuliakan nama Tuhan.

 

Doa: Tuhan, terimakasih untuk berkat yang Engkau anugerahkan melalui alam ini, tolong agar kami dapat memanfaatkannya bagi kemuliaan nama-Mu.