Diciptakan secara teratur

by samuelyasa


Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya. Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu (Kej. 2:1-2).

 

Tahukah anda bahwa alam semesta diciptakan oleh Allah secara teratur? Dalam urutan penciptaan, hari 1- 4 Allah menata ciptaan. Mulai dari menciptakan terang, cakrawala, memisahkan daratan dan lautan, menciptakan tumbuh-tumbuhan, serta benda-benda penerang. Kemudian, hari ke 5-6 Allah memberi kehidupan pada ciptaan, dengan menciptakan segala jenis binatang air, burung, binatang darat, dan manusia. Semua itu diciptakan Allah dan ditata dengan sangat baik dan teratur, hingga terbentuk alam semesta yang indah seperti sekarang ini. Gambar tersebut menunjukkan lintasan orbit planet dalam tata surya. Setiap planet berotasi dan berputar mengelilingi matahari melintasi orbitnya masing-masing. Bumi termasuk didalamnya, yang juga berotasi dan berputar mengitari matahari. Jarak Bumi dengan matahari adalah 149.6 juta kilometer. Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindungi permukaan Bumi dari angin surya, sinar ultraviolet dan radiasi dari luar angkasa. Lapisan udara ini menyelimuti Bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. Terdapat lapisan ozon yang melindungi bumi dari sinar ultraviolet. Udara Bumi terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen dan 1% uap air, karbondioksida dan gas lain. Semuanya itu Allah ciptakan untuk mendukung adanya kehidupan di bumi. Hal tersebut menegaskan kapada kita bahwa Allah menciptakan alam semesta bukan hanya indah melainkan juga teratur. Ia juga yang mengatur segala sesuatunya agar kehidupan berjalan dengan baik dan indah sesuai dengan kehendak-Nya. Dengan melihat karya Allah yang mahadasyat ini, seharusnya semakin menyadarkan kita akan ke-Mahakuasaan Allah, sebagai Sang Pencipta, dan sekaligus Allah yang akan memelihara ciptaan-Nya. Sehingga kita juga hidup dalam ‘keteraturan’, sebab itulah yang Allah kehendaki dalam kehidupan kita.

 

Doa: Tuhan, biarlah hati kami berlimpah dengan syukur karena ciptaanMu yang dasyat, & buatlah hati kami semakin berpaut padaMu ketika melihat ciptaanMu.