PENTING & BERARTI

by samuelyasa


13:2 Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna.        I Korintus

 

KASIH jelas menjadi kata kunci dalam ulasan Paulus di atas, yang memegang peranan penting, yang membuat dirinya menjadi berarti/berguna atau tidak. Saya ingin mengajak anda untuk melihat dari 2 cara pandang terhadap nats di atas, khususnya berkenaan dengan KASIH dan BERGUNA.

  • Mari kita lihat kata “mempunyai” dan “memiliki” yang masing2 muncul 2x, Dalam hal ini kasih berkedudukan setara dg karunia bernubuat, pengetahuan, iman; yang seolah-2 kondisi inilah yang menjadi kontributor sehingga aku (Paulus) menjadi seseorang yang berguna. Dari bacaan di atas jelas menyampaikan seandainya karunia, pengetahuan dan iman tetap dimiliki namun tidak mempunyai kasih maka Paulus menyebut dirinya tidak berguna. Mana yg penting dan mana yang berarti?
  • Cara pandang kedua, tidak melihat diri Paulus sebagai subyeknya, namun melihat pada karunia-2 sebagai factor yang terletak pada pribadi seseorang. Seseorang dengan berbagai karunia (multi talented) biasanya dipandang sebagai orang yang dapat mengerjakan banyak hal dan memiliki nilai daya gunanya. Sayangnya, berbagai karunia itu menjadi tidak berarti bila tidak diperlengkapi dengan factor kasih yg agape.
  • Catatan kecil. Karunia adalah perlengkapan Allah, namun yang melayani adalam manusianya, bukan karunianya. Dengan demikian kesimpulan sederhananya adalah karunia itu penting dan akan menjadi berarti bila Paulus memiliki Kasih. Tanpa Kasih karunia yang penting itu menjadi tidak berarti.

DOA  Dalam hal tertentu kami ini meminta dan mengembangkan karunia, dan itu penting bagi kami untuk mengoptimalkan pelayanan kami. Kini kami sadar bahwa tanpa Kasih yang Engkau anugerahkan maka diri kami tidak berguna. Biarlah Tuhan pelihara kami dalam kasih-Mu itu. Amin               jp