PENEBUSAN & KEMULIAAN

by samuelyasa


1:18 Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, 19 melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat. 20 Ia telah dipilih sebelum dunia dijadikan, tetapi karena kamu baru menyatakan diri-Nya pada zaman akhir. 21 Oleh Dialah kamu percaya kepada Allah, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan yang telah memuliakan-Nya, sehingga imanmu dan pengharapanmu tertuju kepada Allah.                                       1 Petrus

Sebagai manusia, terkadang lebih mudah bagi kia untuk memberi penghargaan kepada sesama manusia yang melakukan hal yang baik,  sepertinya ”pengorbanan” untuk kita, sehingga  membuat kita merasa berhutang budi. Suatu tindakan yang seolah-olah membuat kita merasakan hidup, yang bila hal itu tidak terjadi maka kita berpikin seakan-akan  hidup kita ini akanmenghadapi  bahaya, atau mungkin kita sudah meninggal dll. Apapun itu adalah tindakkan heroic, manusia bisa membuat manusia yg ditolong akan merasa berhutang dan mau melakukan apa saja sebagai balasannya. Padahal kita semua menyadari manusia hanya alat. Hidup, keselamatan, berkat kekayaan dan  sebagainya semua berasal dari Tuhan.

Karya penebusan yang Tuhan kerja melalui Anak-Nya Yesus Kristus merupakan suatu tindakan yang tidak bisa disetarakan hanya  dg tindakan heroik, tetapi suatu hal yang melebihi  itu semua, suatu tindakan yang kalau tidak Allah kerjakan, maka kita hanya akan kembali kepada debu dan kebinasaan.

Firman Tuhan katakan bukan dengan emas, perak tetapi dengan darah yang mahal. Mengapa dikatakan darah yang mahal? Apa karena Allah memasang harga yang tinggi?  Bukan! Tetapi karena  darah Anak Allah , darah yang  berasal dari yang tidak diciptakan tetapi dari Yang Menciptakan! Mari kita meresponi Allah kita dengan baik dan benar, untuk apa yang telah dilakukan,baiklah kita memuji dan menyembah Dia.

DOA  Ku telah mati dan tinggalkan cara hidupku yang lama, karena semuanya sia-sia dan tak berarti lagi. Hidup ini keserahkan pada mezbah-Mu ya Tuhan, jadilah padaku seperti yang Kau ingini. Amin.           -hp