Serupa tetapi tak sama

by samuelyasa


1: 27,” Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambarNya, menurut gambar Allah diciptakanNya dia; laki-laki dan perempuan diciptakanNya mereka.”

Kejadian

Di masa sekarang ini, beberapa pasangan acap kali merasa bahwa hal-hal yang mereka nikmati bersama saat berpacaran tidakk cukup kuat untuk mempertahankan hubungan mereka selanjutnya. Kesamaan hobi mendengarkan musik Beatles dan Elvis Presley, mungkin membawa kegembiraan pada masa pacaran. Namun lima tahun kemudian, ketika anak-anak mereka masih kecil menjerit-jerit minta perhatian, Beatles tidak akan berarti lagi.

Namun sebanyak apapun kesamaan mereka, suatu pasangan pasti punya perbedaan. Kerap kali perbedaan dapat mempererat pernikahan. Namun, sebaliknya perbedaan terkadang justru menambah persoalan.

Kalau kita membaca bagaimana perpedaan pasangan tokoh-tokoh dunia, seperti Johann dan Magdalena Bach, Jonathan dan Sarah Edwards, Adoniram yang keras kepala dan Ann Judson yang mandiri, dalam banyak hal mereka memiliki kesamaan, baik latar belakang keluarga maupun kegemaran.

Namun, betapa berbedanya mereka. Namun, justru perbedaan itu yang membuat pernikahan mereka begitu berhasil. Perbedaan tidak bisa dihindari karena Tuhan mennciptakan manusia itu unik satu dengan yang lainnya. Alkitab mengungkapkan bahwa Allah menciptakan manusia, yakni laki-laki dan perempuan. Berbeda jenis kelaminnya, dan perbedaan ini berpengaruh kepada bidang kehidupan lainnya. Jadi yang perlu dilakukan adalah bagaimana memaksimalkan perbedaan itu agar menuju kepada saling melengkapi, lebih sempurna dan indah ?                                                  fd

Iklan