Istri yang Peduli Keluarga

by samuelyasa


25:2. Ketika itu ada seorang laki-laki di Maon, yang mempunyai perusahaan di Karmel. Orang itu sangat kaya: ia mempunyai tiga ribu ekor domba dan seribu ekor kambing. Ia ada di Karmel pada pengguntingan bulu domba-dombanya.25:3 Nama orang itu Nabal dan nama isterinya Abigail. Perempuan itu bijak dan cantik, tetapi laki-laki itu kasar dan jahat kelakuannya. Ia seorang keturunan Kaleb.

1 Samuel

Kisah ini mungkin sudah tidak menjadi kisah yang asing lagi bagi kita. Dalam kisah ini diceritakan tentang seorang kaya yang bebal yang bernama Nabal.  Dia adalah seorang kaya yang sangat kasar dan jahat kelakuannya.  Pada saat Daud dan pasukannya melarikan diri dari kejaran Saul yang ingin membunuhnya, Daud mengirimkan utusan kepada Nabal untuk meminta belas kasihan dari Nabal agar mereka diberikan bekal makanan karena persediaan makanan mereka telah menipis.  Nabal bukan saja menolak untuk mengabulkan permintaan Daud tersebut bahkan ia menghina Daud.  Perbuatan Nabal ini membuat Daud marah dan dia mengambil keputusan untuk memusnahkan Nabal dan seisi rumahnya.  Ternyata perbuatan Nabal ini diketahui oleh Abigail dan sebagai seorang istri yang bijak dan sangat mengasihi keluarganya, ia mengambil tindakan untuk menyelamatkan keluarganya dari rencanan pembinasaan yang telah dirancangkan Daud untuk keluarganya.  Tanpa sepengetahuan suaminya Nabal, Abigail pergi menemui Daud dan membawa makanan yang dibutuhkan oleh Daud dan pasukannya. Baca dan renungkan baik-baik ucapan Daud dalam ayat 32-35.  Apa yang dilakukan oleh Abigail ini ternyata memberikan dampak yang sangat luar biasa bukan saja bagi keluarganya tetapi juga bagi Daud sendiri.  Tindakan yang dilakukan oleh Abigail ini melindungi keluarganya dari kebinasaan dan mencegah Daud melakukan perbuatan dosa.

Saudaraku, ketika kita membaca kisah Abigail ini, maka kita akan melihat betapa bijsaksananya Abigail dalam keluarganya. Abigail menjadi pribadi yang menjagai keluarganya dengan sebaik-baiknya.  Apa yang dilakukan  Abigail itu mendatangkan berkat bagi keluarga, orang lain dan dirinya sendiri.  Kisah ini menjadi kisah happy ending di mana Abigail akhirnya menjadi istri Daud setelah Nabal meninggal dunia.

Perenungan:  Sudahkan Anda para istri menjadi istri-istri yang mengasihi keluarga dan menjaga keluarga Anda dengan sebaik-baiknya?  Amin.   Jho