PERANAN ANAK DALAM KEUTUHAN KELUARGA

by samuelyasa


20:12 Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

Keluaran


Fenomena anak-anak sekarang membuat banyak orangtua mengeluh dan mengeleng-gelengkan kepala mereka. Kenapa? kata para kebanyakkan orangtua: “anak-anak sekarang tidak bisa diberitahu!”. Mungkin sebagian kita membenarkan pernyataan ini.perkataan yang lain yang sering terdengar; “kalau dulu kita tidak berani dg orangtua kita, sekarang mereka sangat berani menantang kita, bahkan kalau ditegur, bukannya menunduk menunjukkan rasa salah tetapi malahan menatap kita, seolah menantang!”

Tahukah kita betapa banyak anak-anak yang juga hatinya terluka, karena mereka berpikir “kita,orangtua tidak mengenal mereka,tidak mengerti mereka!”.

Terhadap yang sedemikian apa yang akan kita katakan kepada mereka, atau kepada diri kita sendiri?!”, ketika mereka mulai mengeluh, mencaci orgtua, menjauhi dll.

Kami ketika diperhadapkan dengan situasi yang demikian, ketika ada anak-anak yang datng menyampaikan atau bercerita kepada kami, jawabannya, “bagaimanapun mereka orangtua, mereka harus di hormati”.titik , tidak ada alasan. Mereka akan menjawab “iya sih, tapi…….”,atau “loh tapi mereka itu,……”

Itulah sebabnya betapa penting warisan iman bagi anak-anak kita, karena keutuhan sebuah keluarga itu juga bagian dari peranan anak atau anak-anak dalam keluarga. Bila ada anak-anak yang tidak akut akan Tuhan maka mereka akan melukai orangtua mereka dan banyak orang disekeliling mereka, bahkan mereka akan melukai hati Tuhan

Mungkin tidak akan banyak anak-anak muda atau kecil yang baca renungan ini, mari kita yang membaca, siapapun kita , tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik, baik dari diri kita sendiri ataupun kepada anak-anak yang Tuhan titipkan pada kita.

Kiranya kasih dan penyertaan Tuhan menolong kita untuk menjadi anak-anak yang menghormati orangtua kita bagaimanapun keadaan mereka,dan biarlah kita menjarkan kebenaran Firman Tuhan kepada mereka untuk bekal mereka bagi keturunan mereka selanjutnya,amin                                   Hp.