PERANAN ORANGTUA DALAM KEUTUHAN KELUARGA

by samuelyasa


6:2 supaya seumur hidupmu engkau dan anak cucumu takut akan TUHAN, Allahmu, dan berpegang pada segala ketetapan dan perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu, dan supaya lanjut umurmu.

6:6 Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, 7 haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun. 8 Haruslah juga engkau mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu, 9 dan haruslah engkau menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu.

Ulangan

Setiap kita menyadari peranan orangtua itu tidaklah mudah.kita disebut-sebut sebagai Wakil / patner Allah bagi mereka dalam kehidupan di dunia ini. Hal ini tentu saja makin tidak mempermuda kita untuk menjalaninya. Karena ini merupakan tanggung jawab yang sangat besar.

Itulah sebabnya tuntutan yang petama yang kita terima adalah berawal dari diri sendiri;meneladani Yesus.jauh sebelum kita menjadi seorang yang berkeluarga kita telah mempunyai tanggung jawab dalam menjalani hidup kita, begitupun setelah kita telah berkeluarga kita harus menjadi pasangan yang bertanggung jawab, karena ketika kita dipercayakan menjadi “orangtua”, tugas kita itu “mewakili Allah”.

6:6 Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan . Harus diperhatikan karena sifatnya ini “pasti”, merupakan warisan yang tidak boleh tidak harus diturunkan. Dan sifatnya long time (lama ),seumur hidup kita. Karena kalau diajarkan sekali saja itu tidak bisa,pengajaran yang harus berulang-ulang dan terus-menerus.

Sungguh Tuhan itu luar biasa segala sesuatu sudah dipersiapkan terlebih dahulu.tetapi hanya untuk mereka yang taat lah itu dapat  dikerjakan.

Orangtua yang takut akan Tuhan, yang mempunyai dedikasi dalam hidupnya, kasih, akan membangun sebuah keluarga yamg kokoh dan diberkati.akan melahirkan generasi yang menjadi berkat dalam hidup mereka. Membekali dengan uang,ilmu itu bisa habis, namun tidak dengan kebenaran Firman Tuhan.itu warisan kekal yang membawa mereka pada Terang yang benar. Diberkatilah orangtua yg takut akan Tuhan.          Hp