KELUARGA UTUH – GEREJA TANGGUH

by samuelyasa


“Tetapi aku & seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN”

Yosua 24:15


Berbicara tentang gereja-gereja yang kuat (tangguh) maka sering kali pikiran kita akan terpusat kepada siapa hamba Tuhan-nya, apakah seorang yang visioner atau tidak, berhati bapa dan berhati gembala atau tidak; atau siapa dan bagaimana kemajelisannya, apakah mereka perpaduan yang solid antara para thinker, kaum praktisi lapangan & orang-2 yg dapat menjadi teladan di tengah-2 jemaat.  Atau mungkin kita langsung melongok bagaimana system bergerejanya, apakah cukup mapan utk menggelindingkan berbagai program di berbagai jaman, ditambah dg control yg kuat & evaluasi yg akurat.  Atau, menelisik kekuatan dananya shg mampu membiayai berbagai kegiatan, mulai dari yg rutin sampai ke dana utk menolong mereka yg berkekurangan.

Sementara di sisi lain, dalam lingkup dan cakupan pelayanan, ada komisi-2 yang merasa “berjasa” karena memberikan kontribusi terhadap ketangguhan sebuah gereja. Komisi Anak merasa telah mempersiapkan generasi gereja akan dating; komisi Remaja merasa telah menggarap calon pemimpin masa depan; komisi Pemuda bangga dengan predikat sebagai calon pilar-2 gereja; kelompok dewasa muda bangga karena merekalah pemegang fungsional pelayanan gereja; kaum setengah baya merasa merekalah contributor dana terkuat dalam gereja; sampai komisi lansia-pun akan mengatakan bahwa mereka-lah yang telah menabur pelayanan sehingga gereja menjadi tangguh.  Dasyat bukan, tatkala setiap komisi dan bidang bangga dengan apa yang mereka kerjakan?!

Apapun yg mereka  kerjakan adalah baik & patut disyukuri. Tetapi bila kita menyimak, mulai dari sekolah minggu sampai yg lanjut usia adalah bagian integral dari sebuah lembaga Allah yg disebut  KELUARGA.  Dari keluarga-2 kristen yang sehat-lah akan melahirkan generasi-2 yang baik, dan salah satu indicator keluarga yang sehat adalah keluarga yang menjaga keutuhannya di dalam Tuhan (bukan sekedar di depan manusia).

Sebaliknya ketahuilah, cara mudah menghancurkan gereja Tuhan adalah dg cara memporakporandakan keluarga-2 kristen ini. Terkadang iblis bekerja dg cara membuat kita bekerja & melayani dengan giat dan lupa waktu untuk pasangan & anak-2, sehingga melahirkan generasi yang membenci gereja dan pelayanan. Mau?                                                           jp