RAHASIA ALLAH DALAM KELUARGA

by samuelyasa


5:32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

Efesus


Bulan lalu kami menaikkan syukur bersama anak-2 dalam rangka Tuhan memelihara pernikahan kami sampai tahun ke 16. Sepertinya ini masalah sepele, buktinya banyak orang yang telah mengarungi bahtera rumah tangga sampai tahun emas. Biar “kelihatannya” sepele tetapi kami tetap menganggap bahwa perjalanan rumah tangga ini adalah sesuatu yang luar biasa, dan campur tangan Tuhan pasti terjadi di dalamnya.

Berangkat untuk bertumbuh dalam cinta dengan keperbedaan yang kami miliki, dan justru ini menjadi berkat tersendiri karena kami melihat cara Tuhan memperkaya hidup kami melalui perbedaan tersebut. Sampai kami diberkati oleh Tuhan dengan anak-2 yang semua ada dalam rencana Tuhan, walaupun kami tidak merencanakan. Bukan sekedar Tuhan menugaskan kami untuk membesarkan dan mendidik mereka di dalam Tuhan, tetapi ternyata Tuhan juga “menugaskan” mereka untuk mendidik kami di dalam Tuhan.  Yang paling indah ketika Tuhan memampukan dan memberi hikmat sehingga kami melihat setiap hubungan dalam keluarga itu penting dan mencerminkan hubungan kami dengan DIA, Sang Pemelihara keluarga. Dan masih banyak lagi rahasia-rahasia Allah disingkapkan melalui kehidupan keluarga.

Pada Minggu ke-3 bulan ini, kita akan membahas secara khusus tentang janji, berkat dan didikan Tuhan yang berbasis keluarga. IA memberikan amanat Agung kebudayaan dalam konteks keluarga; IA menjanjikan keselamatan-Nya dalam konteks keluarga pula, “keturunan-nya  (perempuan itu) akan meremukkan kepalamu.” Seorang istri yang takut akan Tuhan maka keluarganya diberkati (Amsal 31); seorang laki-2 yang takut akan Tuhan maka istri dan anak-2nya akan diberkati (Maz.128); kehidupan orang benar maka keturunannya tidak akan pernah meminta-2 roti (Maz.37:25); penggenapan perjanjian Allah dengan Abraham diberlakukan dalam konteks keluarga – Engkau & keturunanmu akan menjadi umat-Ku, dan Aku akan menjadi Allahmu.

Seharusnya setiap kita mengucap syukur karena memiliki Allah yang kreatif yang menitipkan rahasia-Nya yang rindu untuk disingkapkan agar kita senantiasa diberkati oleh Tuhan. Nikmatilah keluarga anda.             jp