BELAJAR DARI FIRMAN TUHAN

by samuelyasa


Mazmur 1:1 Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,

Mazmur 1:2 tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.

Mazmur 1:3 Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

Kehidupan orang Kristen yang memiliki integritas tetaplah menjadi tujuan akhir, yang artinya apa yang diucapkannya sama dengan apa yang dilakukannya; apa yang dipelajarinya sama dengan apa yang dipraktekkannya; apa yang diimaninya, itu juga yang harus dinyatakan dalam keseharian hidupnya. Untuk mencapai hal seperti ini harus disadari sebagai sebuah proses yang tidak pernah berhenti sampai maut menjemput setiap kita. Tetapi yang luar biasa, kita memiliki Allah yang sangat kreatif dan inovatif. Ia mendidik kita melalui banyak hal, melalui hidup, melalui orang lain, melalui pengalaman, melalui pengetahuan, melalui keseharian dan yang terutama adalah melalui firman-Nya.

Proses belajar ini-pun bersifat integral, kita tidak bisa pasang harga mati dengan mengatakan mau belajar hanya dari firman Tuhan saja dan menutup diri belajar dari kehidupan ini; atau hanya mau merenungkan firman & taurat-taurat Tuhan tetapi enggan belajar dari hubungan antar manusia dan konteks social-nya. Mengapa demikian? Jelas, karena Alkitab juga membicarakan tentang kehidupan, dan dalam kehidupan ini kita belajar dari kehidupan Kristus; sementara kehidupan ini sendiri sebagai tempat kita belajar mengaplikasikan kebenaran firman Tuhan, dan melalui kehidupan ini juga kebenaran firman Tuhan diteguhkan bagi kita sehingga kebenaran dan janji Tuhan itu nyata.

Perenungan. Tetapi tidak semua dalam kehidupan ini dapat kita serap, ada hal-hal tertentu yang harus kita buang jauh-2. Pakailah firman Tuhan sebagai saringan untuk belajar dari kehidupan ini. Yang bertentangan dengan kebenaran firman-Nya harus kita tolak. Bagaimana kita bisa mendapatkan hasil saringan yang baik? Bacalah & renungkan firman-Nya