BELAJAR BERBUAT BAIK

by samuelyasa


Galatia 6:1 Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan.

Galatia 6:2 Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.

Salah satu pelajaran lagi yang sulit untuk dilakukan adalah belajar berbuat baik, walaupun setiap orang selalu memiliki keinginan yang sama yang ingin berbuat baik kepada orang lain, dan ingin mendapatkan perlakukan yang baik dari orang lain. Paling tidak ada beberapa hal yang menyadarkan kita bahwa berbuat baik itu sulit, dan bilamana kita ingin tetap bertahan dalam perbuatan-perbuatan yang baik, maka kita juga harus bertahan untuk menerima konsekuensi dari perbuatan baik kita.

Berbuat baik itu sulit karena kita harus berhadapan dengan spectrum definisi yang cukup luas tentang apa itu baik. Baik bagi kita belum tentu baik bagi orang lain; baik bagi orang lain belum tentu kita sepakat dengannya.
Mungkin kita sudah berbuat baik kepada orang lain, mungkin dengan cara menolong, menegur dengan kasih, dan lain-2nya. Ttepai berbuat baik menjadi sulit ketika kita dituntut untuk konsisten berbuat baik. Seperti hal-nya dengan kasih, terkadang perbuatan baik kita itu bersyarat dan berpengharapan, dan ketika yang kita dapatkan tidak seperti yang kita harapkan maka kita enggan berbuat baik. Berbeda dengan berbuat jahat, ketika kita juga dijahati oleh orang lain bagi kita hal itu setimpal. Ketika kita berbuat baik dan orang lain jahat kepada kita, maka bagi kita itu tidak setimpal, dan sulit bagi kita untuk menerimanya.
Dan salah satu penyakit yang sering kali menimpa orang yang berbuat baik adalah gampangnya bagi dia terkena pencobaan. Kesombongan & keangkuhannya dicobai, merasa jadi pahlawan-nya juga sedang dicobai, menganggap dirinya penting dan berarti-nya juga sedang dicobai. Sulit untuk bertahan dalam kondisi ini.
DOA. Ajarku senantiasa untuk berbuat kebaikan, juga dengan ketulusan.