KEUNGGULAN DAN KUALITAS KRISTEN

by samuelyasa


“Baiklah tiap-tiap orang menguji pekerjaannya sendiri; maka ia boleh bermegah melihat keadaannya sendiri dan bukan melihat keadaan orang lain” (Galatia 6:4)

Sebagai orang Kristen kita dipanggil untuk menjadi berkat bagi dunia, demikian juga dalam hal bekerja, orang percaya harus memiliki kerinduan yang dalam untuk mencapai standar kerja yang lebih tinggi. Standar itu adalah bahwa kita bekerja bagi Tuhan, dan Tuhan menjadi “Tuan” kita yang sesungguhnya. Dengan memahami hal ini maka dipastikan kita dapat bekerja dengan sebaik-baiknya bagi “Tuan” kita, Kristus Yesus.

Orang-orang percaya juga harus bekerja dengan kualitas dan keunggulan yang tidak dimiliki oleh dunia. Jika dunia mengejar apa yang fana dan akan lenyap, kita bekerja adalah untuk kemuliaan nama Tuhan, Allah kita yang kekal. “Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya” (Kolose 3:23-24).

Pekerjaan yang kita tekuni harus dipandang sebagai bentuk penatalayanan bagi Allah terhadap segala bakat, dan kemampuan serta talenta yang Tuhan percayakan kepada kita. Kita harus menggunakan setiap waktu, tenaga, pikiran, bakat, kemampuan, dan segala yang kita miliki untuk dapat diinvestasikan bagi kerajaan Allah. Hal inilah yang membuat kita dapat bertanggungjawab terhadap apa yang kita kerjakan.

Kualitas pekerjaan orang percaya adalah sebagai bukti bahwa kita mengasihi kebenaran firman Allah. Kualitas itu dapat diwujudkan dalam hal standar moral hidup kita, dimana kita hidup sesuai dengan kebenaran firman-Nya. Disinilah kita dapat memenuhi panggilan kita untuk berdiri di tengah-tengah masyarakat yaitu menjadi garam dan terang dunia, khususnya dalam memiliki moral, perilaku dan kehidupan yang lebih baik.

DOA Tuhan Yesus, ubah hatiku untuk menjadi pribadi seperti yang Engkau inginkan, sehingga kehadiranku dapat menjadi berkat bagi orang lain.