LAKUKAN UNTUK TUHAN (2)

by samuelyasa


“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga” (Matius 5:16)

Setiap kita hendaknya memandang pekerjaan adalah suci di hadapan-Nya. Saya mengatakan demikian sebab kita yang sudah di dalam Kristus adalah orang-orang kudus, kita anak-anak Allah yang harus mencerminkan kemuliaan bagi Allah, Bapa kita.

Maka ketika kita sedang pergi bekerja, sedang mengerjakan pekerjaan kita, kita bekerja bukan hanya untuk sekedar memuaskan manusia tetapi juga mampu memuaskan Kristus. Memuaskan manusia, artinya apa yang kita kerjakan adalah baik, jujur, maksimal, penuh tanggungjawab, dan bukan sebaliknya, asal-asalan yang sering mendapat komplin dari orang lain, sikap curang yang membuat orang lain menjadi marah dan kecewa, dan tidak bertanggungjawab sehingga banyak hal yang terbengkalai. Sikap kita harus bertanggungjawab, dan sikap ini hanya dapat dimiliki ketika kita memandang pekerjaan kita sebagai hal yang kudus, artinya;

Ketika kita memandang apa yang kita kerjakan adalah kudus, maka setiap perbuatan atau tindakan atau keputusan yang kita ambil, akan melibatkan Allah, yang adalah kudus. Allah memperhatikan dan melihat apa yang kita perbuat, dan setiap kecemaran, akan mendukakan hati Tuhan.

Ketika kita memandang pekerjaan yang kita lakukan adalah kudus, maka kita akan senang mengerjakan pekerjaan kita sebab kita bukan sekedar melakukan untuk manusia namun jauh lebih daripada itu, kita sedang mengerjakan untuk Tuhan. Tuhan ingin agar kita dapat melayani Dia, dimanapun kita berada, tidak terkecuali di dalam pekerjaan kita yang sedang kita tekuni.

Dengan memandang pekerjaan sebagai hal kudus, maka apa yang kita kerjakan merupakan sarana bagi kita untuk bersaksi menyatakan kasih Tuhan. Kesaksian dapat kita nyatakan melalui apa yang sedang kita kerjakan, sehingga orang lain dapat melihat kasih Kristus melalui kita.

DOA; Tuhan Yesus, tolong aku memandang kekudusan-Mu ketika aku bekerja, dan pakai aku untuk mencerminkan kemuliaan-Mu.