TIDAK ADA PERTENTANGAN

by samuelyasa


Efesus 5:24 Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu.

Kenapa ketika Tuhan Yesus berbicara tentang hubungan suami isteri, dimana isteri harus tunduk kepada suami dalam segala sesuatu, ia mengunakan cerminan jemaat tunduk kepadaNya?

Hal ini mau menjelaskan kepada kita, sebagai seorang yang percaya, kita tidak lalu menjadi pribadi yang hanya focus kepada gereja lalu tidak lagi melihat hal-hal lain di sekeliling kita dalam kaitan dengan hidup kita.

Peter ketika ia membela dirinya, dia mengatakan bahwa, ia setuju dengan keinginan isterinya untuk sebuah kehidupan pernikahan yang ia jalani, yang mempunyai 4 orang anak namun hanya seorang diri menjalaninya, Peter mengatakan, “masalahnya adalah rasa tanggung jawab saya untuk nmembangun gereja, dan untuk melakukan bagi orang lain. Bahkan secara pribadi ia mengakui ia tidak mempunyai waktu untuk dirinya sendiri, ketika ia dalam kesesakan waktu harus menghadiri pertandingan sepak bola anaknya, ia harus mengakui pikirannya semua di tujuhkan untuk gereja, untuk kehidupan “pelayanannya” Bukankah Markus 8:34 menuliskan Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.

Lalu apa yang salah dengan kesemuanya itu, ternyata terkadang kita tidak menyadari kita telah mati terhadap hal-hal yang salah. Kita secara keliru berpikir bahwa mati terhadap diri sendiri demi Tuhan berarti mati terhadap kepedulian diri, perasaan-perasaan, keinginan-keinginan yang sehat, impian-impian , dan berikutnya apa yang terjadi, keluarga yang kita miliki seolah tak terlihat , suara mereka tidak terdengar, yang ada hanya suara hati kita yang kita piker itu suara Tuhan.

Ketika Tuhan Yesus berbicara maka yang ada , atau yang terjadi adalah hal yang baik, yang mendatangkan kesimbangan , ketenangan dan semuanya bisa berjalan secara bersamaan.

Mungkin kita tidak extrem cerita diatas atau jangan-jangan kita tidak peduli hidup kita sebagai jemaat Tuhan dan keluarga yang kita miliki, lalu dimana kita dan sedang apa kita dalam hidup kita. Tidak perlu memilih karena tidak ada pertentangan!! Tetapi kita yang harus lebih menyimak .