JEMAAT DALAM DIMENSI KELUARGA

by samuelyasa


Kejadian 2:24 Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging. 25 Mereka keduanya telanjang, manusia dan isterinya itu, tetapi mereka tidak merasa malu.

Ijinkan saya mengawali renungan hari ini dengan mengutip apa yang disampaikan pada renungan tgl 3 Januari

“Yang mungkin tidak pernah kita pikirkan bahwa manusia juga diciptakan untuk memiliki dimensi keluarga. Mengenal kehidupan, kasih, pemeliharaan bahkan kemandirian, pertama kali di dalam konteks keluarga”

Ada yang memandang keluarga itu penting, sehingga menjadi perhatian dan pusat hidupnya, namun sebaliknya ada yang menganggap biasa-biasa saja, sehingga terkadang memperhatikan terkadang mengabaikan, dan yang ekstrim ada yang menganggapnya sepele dan tentu bisa kita duga perlakuaan apa yang diberikan pada keluarganya. Atau dirinya dalam keberadaannya di tengah-tengah keluarganya.

Manusia di ciptakan untuk memiliki dimensi keluarga” kita mungkin sering mendengar tentang bagaimana seseorang di bentuk, di ubah dalam kehidupan keluarga. Keluarga adalah satu komunitas yang terkecil namun berdampak sangat besar, yang mengubahkan dan sekaligus tempat bernaung yang paling aman. Karena sesungguhnya dalam kehidupan keluarga setiap pribadi yang berada di dalamnya saling melindungi, saling mengasihi, belajar peduli dan memperhatikan tetapi juga sekaligus kemandirian di bangun.

Siapa itu jemaat? Jemaat adalah orang yang percaya. Siapa itu orang yang percaya ? orang yang percaya adalah kita . artinya hidup setiap kita sebagai seorang percaya berdampak besar dalam kehidupan keluarga kita, mempunyai pengaruh dan juga di pengaruhi .

Kita tidak bisa melepaskan hubungan seorang pribadi yang percaya Tuhan dengan kehidupannya dalam sebuah keluarga. Saling berdampak , memberi dampak, atau menerima dampak ,sebagai satu kesatuan. Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk melakukan pemisahan antara kehidupan iman kita dan kehidupan keluarga kita. Kalau kita seorang jemaat Tuhan apa fungsi kita dalam keluarga?!