ROH DAN AKSES-AKSES-NYA

by samuelyasa


Efesus 6:12 karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

Dalam perenungan kita selama beberapa hari ini, kita telah diingatkan tentang manusia dan dimensi rohaninya. Tuhan menciptakan kita dengan memberikan roh dalam diri kita agar kita dimungkinkan berkomunikasi dengan Tuhan yang Roh ada-nya. Tanpa roh yang dari Tuhan maka mustahil kita dapat berkomunikasi dengan-Nya.

Namun ada realita dunia roh yang tidak dapat kita abaikan begitu saja. Allah yang Roh adanya memiliki musuh bebuyutan yang juga bersifat roh, yakni roh jahat atau si iblis, roh yang selalu memiliki visi dan misi yang jelas yakni menyesatkan manusia agar tidak mencari dan memuliakan Allah. Dengan demikian kita harus sadar bahwa roh dalam diri manusia ternyata tidak menjadi akses bagi Tuhan saja, tetapi juga dapat menjadi pintu gerbang bagi roh jahat untuk menguasai hidup kita.

Ada sebagian orang Kristen yang enggan bahkan tidak mau tahu tentang eksistensi dunia roh yang satu ini. Dengan beranggapan bahwa kalau menjadi orang Kristen maka kita bakal dijauhkan dari hal-hal yang berbau kuasa gelap. Justru sikap seperti itu sangat membahayakan; sikap takabur yang membuat kita tidak pernah berjaga-jaga dan waspada menghadapi serangannya. Manusia dapat DIPENGARUHI, DIKUASAI dan DIRASUK (dikendalikan secara total) oleh roh jahat/kuasa kegelapan, apalagi bila kita tidak membuka akses bagi Tuhan.

Nats bacaan kita hari ini mengingatkan bahwa sesungguhnya musuh-musuh kita bukanlah musuh fisik (darah dan daging) melainkan musuh roh, yakni roh-roh jahat di udara yang memiliki kekuatan yang luar biasa, yang tidak dapat dilawan dengan kekuatan manusiawi semata. Untuk memenangkan perjuangan ini kita harus melibatkan Roh Allah, Roh yang lebih berkuasa, Roh yang dapat menguasai roh kita untuk memenangkan perjuangan melawan roh jahat.

Perenungan. Bila dimensi roh-mu menjadi akses bagi Roh Tuhan dan roh jahat, di posisi manakah engkau, bagi siapa roh-mu akan terbuka?