2010 – TAHUN MACAN

by samuelyasa


Daniel 7:6 Kemudian aku melihat, tampak seekor binatang yang lain, rupanya seperti macan tutul; ada empat sayap burung pada punggungnya, lagipula binatang itu berkepala empat, dan kepadanya diberikan kekuasaan.

Wahyu 13:2 Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar.

Beberapa hari yang lalu saya pergi ke Gramedia untuk mencari buku-buku tertentu, tiba-tiba mata saya tertuju pada deretan buku berwarna merah yang dituliskan oleh seorang suhu yang mencoba membangun telaah terhadap tahun 2010 berdasarkan shio-nya, yakni shio macan, tepatnya macan tembaga. Yang mau dikatakan melalui telaah ini bahwasannya tahun 2010 adalah tahun yang diwarnai dengan berbagai ambisi dan bagaimana manusia berusaha untuk mencapai sesuatu. Lalu sang suhu juga mencoba mengutarakan apa yang terjadi di tahun 2010 ini terhadap nasib orang-2 ber-shio-kan lain.

Sedikit banyak orang-2 di era modern yang lebih mengedepankan kemampuan kemanusiaannya dan kemajuan teknologi nampaknya masih interes dg prakiraan-2 seperti ini, bahkan di antaranya orang-2 Kristen yang memiliki TUHAN yang menguasai masa depan-nya. Lalu dimanakah posisi TUHAN dalam hal ini? Peranan apa yang kita harapkan dari-Nya? Seberapa besar kita mempersilahkan DIA untuk memimpin hidup kita di tahun 2010 ini?

Ayat bacaan kita pada hari ini merupakan salah dua (dua di antara) dari delapan ayat di dalam Alkitab yang mencantumkan kata MACAN. Dalam dua ayat yg bersifat eskatologis ini macan dikaitkan dengan kekuasaan & kekuatan. Tapi akhir cerita dari gambaran-2 macan ini akan ditaklukkan dan dihancurkan oleh Tuhan sendiri.

Perenungan Di awal tahun 2010 ini, dimanakah kita pertama kali meletakkan harapan kita untuk menyongsongnya, takluk kepada macan tembaga (perspektif shio) atau kpd TUHAN yg menguasai hari esokmu?